Kemarin aku sempet bingung waktu mau buat program yang melibatkan bilangan berpangkat. Namun setelah aku cari-cari dari berbagai sumber, baik dari sumber yang terpercaya maupun dari sumber yang tidak terpercaya, dan dengan coba-coba beberapa kali, akhirnya ketemu dech..
Ternyata caranya enggak susah kok..
- Untuk pangkat dua (pangkat kuadrat) sich lumayan mudah, tinggal kita tulis SQR(angka), trus untuk akar kuadrat bisa pakai SQRT(angka).
- Kalo untuk pangkat dari bilangan alami(biasanya dilambangkan e), penulisan pangkatnya menggunakan EXP(angka), dan untuk penulisan akarnya adalah dengan menuliskan EXP(1/angka)
- Untuk pemangkatan dengan bilangan sembarang kita gunakan POWER, dengan syntaxnya adalah POWER(angka, pangkat), namun khusus untuk 'POWER' ,sebelum menggunakannya jangan lupa pada bagian 'uses' kita tambahkan 'Math'.
contoh :
*) Pangkat Kuadrat
Kita akan membuat program , jika Button1 diklik maka label1 akan menampilkan hasil dari 4 kuadrat
ini penulisan programnya :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Caption := floattostr(SQR(4)) ;
end;
end.
*) Pangkat Kuadrat
Kita akan membuat program , jika Button1 diklik maka label1 akan menampilkan hasil akar kuadrat dari 16
ini penulisan programnya :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Caption := floattostr(SQRT(16)) ;
end;
end.
*) Pangkat dari bilangan alami (simbol: e)
Kita akan membuat program , jika Button1 diklik maka label1 akan menampilkan hasil dari e pangkat 10
ini penulisan programnya :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Caption := floattostr(EXP(10)) ;
end;
end.
*) Akar dari bilangan alami (simbol: e)
Kita akan membuat program , jika Button1 diklik maka label1 akan menampilkan hasil akar pangkat 10 dari e
ini penulisan programnya :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Caption := floattostr(EXP(1/10)) ;
end;
end.
*) Pangkat Bilangan Sembarang
Kita akan membuat program , jika Button1 diklik maka label1 akan menampilkan hasil dari 2 pangkat 3
ini penulisan programnya :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls, Math;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Caption := floattostr(POWER(2,3)) ;
end;
end.
*) Akar Bilangan Sembarang
Kita akan membuat program , jika Button1 diklik maka label1 akan menampilkan hasil akar pangkat 3 dari 8
ini penulisan programnya :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls, Math;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
label1.Caption := floattostr(POWER(8,1/3)) ;
end;
end.
3 Response to "Rumus Pangkat dan Akar di Delphi"
mas mbak....
klo misalkan mw buat bilangan yang diakar dan pengakar x smbarang...
berarti rumus x ky" gni y..??
var
x,n,x akar n:real;
begin
x:=strtofloat(edit1.text);
n:=strtofloat(edit2.text);
x akar n:=floattostr(power x,1/n);
edit3.text:=floattostr(x akar n);
bner gag mas rmus ini...??
terimakasih mas bro.
Makasih Gan Membantu ANe Banget :D
Banyak Terima Kasih, ya :)
Posting Komentar